"Sesungguhnya Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang Ma'ruf (dakwah), dan mencegah yang mungkar, dan beriman kepada Alloh..." ( QS: 3 : 110 )

Alloh SWT berikan pujian ini bukan hanya untuk laki laki saja, bukan untuk Abu Bakar ra, Umar ra, Utsman ra, Ali ra, tidak, tetapi juga untuk, Aisyah r.ha, Hafsah r.ha, Khadijah r.ha, Fathimah r.ha, Summayyah r.ha, Asma r.ha dan yang lainnya, laki laki dan wanita. Jadi kata kata "kuntum" di sini ini untuk kaum laki laki dan wanita, para sahabat ra dan para sahabiyah r.ha. Mereka para sahabat ra dipuji oleh Alloh SWT, sebagai umat terbaik, ini sebab kerja sama mereka dalam dakwah baik laki laki, maupun perempuan. Jadi tanggung jawab agama ini bukanlah untuk laki laki saja tetapi untuk kaum wanitanya juga.

Sabtu, 05 November 2011

Jadilah kita seperi Hajar R.ha (Ahli Korban)

Alloh SWT telah memerintahkan Ibrahim as untuk mengirim isterinya Hajar R.ha, ke Mekkah yang ketika itu hanya merupakan tanah yang tandus. Alloh SWT gambarkan dalam al Quran tempat itu sebagai lembah yang tidak ada tumbuh tumbuhan, tidak ada air. Namun asbab Hajar r.ha adalah seorang isteri yang taat dan patuh kepada suami, maka Alloh SWT menjaga dan pelihara Hajar r.ha di tempat yang tandus itu. Ketika dibawa ketempat itu Hajar r.ha, tidak banyak bertanya kepada suaminya, hanya ikut dan turut saja dengan suaminya. Nabi Ibrahim as meninggalkan mereka dengan sedikit perbekalan dan sedikit air. Di sana orang pun tidak ada, tumbuhan tidak ada, kehidupan pun tidak ada. Cuma ada asbab asbab kematian di sekeliling mereka. Hajar r.ha bertanya "Wahai Ibrahim, kita hendak kemana ? Nabi Ibrahim as diam tidak menjawab. Lalu Hajar r.ha bertanya lagi "Apakah engkau akan tinggalkan kami di sini ? " Itupun Nabi Ibrahim as diam. Sehingga dipertanyaan yang ketiga, Hajar r.ha bertanya, "Apakah Alloh SWT yang memerintahkan kamu untuk berbuat seperti ini ?" Ibrahim as hanya menganggukan kepala.

Langsung Hajar r.ha berkata dengan penuh keyakinan :

"Kalau begitu sekali kali Alloh SWT tidak akan menyia nyiakan kami."

Maka dari mereka Alloh SWT abadikan kisah pengorbanan keluarga. Itulah contoh suami yang berkorban, isteri yang berkorban, anak bayi yang berkorban untuk agama Alloh SWT. Asbab ini Alloh SWT telah melahirkan dari mereka keturunan yang terbaik. Ibrahim as adalah bapak dari semua nabi nabi. Dari anaknya Ishak telah melahirkan nabi nabi bani israel. Dari Ismail as adalah nabi kita Muhammad saw. Seorang nabi yang Alloh SWT utus sebagai kebaikan untuk dunia, keamanan untuk dunia, keberkahan bagi dunia.

Firman Alloh SWt :

"Kamu ikutilah millah bapak kamu, Ibrahim as."

Kita berada di atas millah, atau cara beragama, Nabi Ibrahim as. Keyakinan tetap sama, yang berubah hanya syariat saja. Amalan yang dibawa untuk disempurnakan oleh Alloh SWT kepada Baginda saw. Untuk datangnya agama perlu pengorbanan suami, pengorbanan isteri, pengorbanan anak anak, baru agama akan datang. Asbab pengorbanan anak, isteri dan suami, maka dari keturunan kita akan lahir keturunan yang terbaik.

Alloh SWT telah memerintahkan Ibrahim as untuk membangun Ka'bah. Selesai menbangun Ka'bah dia mulai naik ke atas bukit bukit di sekeliling Bakkah. Alloh SWT telah memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyeru. Maka iapun menyeru :

"Wahai manusia, Alloh SWT telah menyuruh kamu untuk melakukan haji."

Alloh SWT telah menyampaikan suara Ibrahim as kepada semua manusia yang ada pada masa itu, sehingga janin janin yang ada dalam rahim ibu ibu mereka, dan arwah arwah yang berada dalam arwah, semuanya Alloh sampaikan suara Ibrahim as. Haji yang kita lakukan hari ini adalah untuk mengingat pengorbanan Ibrahim as sebagai ayah, Hajar r.ha sebagai ibu, dan Ismail as sebagai anak, mereka berkorban demi menjaga perintah Alloh SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar