"Sesungguhnya Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang Ma'ruf (dakwah), dan mencegah yang mungkar, dan beriman kepada Alloh..." ( QS: 3 : 110 )

Alloh SWT berikan pujian ini bukan hanya untuk laki laki saja, bukan untuk Abu Bakar ra, Umar ra, Utsman ra, Ali ra, tidak, tetapi juga untuk, Aisyah r.ha, Hafsah r.ha, Khadijah r.ha, Fathimah r.ha, Summayyah r.ha, Asma r.ha dan yang lainnya, laki laki dan wanita. Jadi kata kata "kuntum" di sini ini untuk kaum laki laki dan wanita, para sahabat ra dan para sahabiyah r.ha. Mereka para sahabat ra dipuji oleh Alloh SWT, sebagai umat terbaik, ini sebab kerja sama mereka dalam dakwah baik laki laki, maupun perempuan. Jadi tanggung jawab agama ini bukanlah untuk laki laki saja tetapi untuk kaum wanitanya juga.

Jumat, 04 November 2011

Kisah Ummu Amarah R.ha : Peran Wanita dalam pertempuran

Di dalam peperangan Uhud, ketika para sahabat ra agak renggang dalam mengawal Rosululloh saw, beliau diserang hingga jatuh. Beliau saw patah giginya dan bagian pipi dekat telinga berdarah. Ketika itu Nabi saw melihat ke kanan, ke kiri, lalu nampak satu sahabiyah bernama Ummu Amarah. Dia, Ummu Amarah, tengah berperang, memegang pedang, memotong dengan pedang, melawan bersama sama kaum lelaki.

Nabi saw bersabda mafhum :

"Tidaklah aku tampak di kiri dan kananku, kecuali aku terlihat Ummu Amarah ra dengan pedangnya menghalangi musuh musuh dari mendekatiku."

Inilah semangat yang dimiliki para wanita dalam mempertahankan agama Alloh SWT. Satu kenyataan yang tidak bisa diingkari bahwa wanita memainkan peranan aktif, dalam menyebarkan agama, dan dalam berdakwah bersama kaum laki laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar