"Sesungguhnya Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang Ma'ruf (dakwah), dan mencegah yang mungkar, dan beriman kepada Alloh..." ( QS: 3 : 110 )

Alloh SWT berikan pujian ini bukan hanya untuk laki laki saja, bukan untuk Abu Bakar ra, Umar ra, Utsman ra, Ali ra, tidak, tetapi juga untuk, Aisyah r.ha, Hafsah r.ha, Khadijah r.ha, Fathimah r.ha, Summayyah r.ha, Asma r.ha dan yang lainnya, laki laki dan wanita. Jadi kata kata "kuntum" di sini ini untuk kaum laki laki dan wanita, para sahabat ra dan para sahabiyah r.ha. Mereka para sahabat ra dipuji oleh Alloh SWT, sebagai umat terbaik, ini sebab kerja sama mereka dalam dakwah baik laki laki, maupun perempuan. Jadi tanggung jawab agama ini bukanlah untuk laki laki saja tetapi untuk kaum wanitanya juga.

Jumat, 11 November 2011

USAHA ATAS WANITA

Masyeikh kita katakan :

"Wanita adalah merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Jumlah wanita saat ini lebih banyak dari jumlah laki laki dan jumlah anak anak lebih banyak daripada jumlah laki laki, dan jumlah anak anak lebih banyak daripada jumlah wanita saat ini. Jika saat ini kita tidak buat usaha agama atas kaum wanita dan anak anak, maka kita akan kehilangan sebagian besar dari umat ini. Suasana agama di rumah akan terbentuk apabila fikir wanita sudah berubah menjadi fikir agama. Begitu juga anak anak kecil akan terdidik dengan agama sebab wanita di rumah yaitu ibunya. Madrasah pertama bagi anak anak ini ada di pangkuan ibunya. Jika wanita anita ini tidak dididik agama, maka suasana agama tidak akan ada dalam rumah tersebut. Bahkan anak anak kecil pun nanti akan jauh dari kehidupan agama. Maka penting dari kaum wanita harus mempunyai kesadaran akan tanggung jawab agama, dan usaha atas agama,. Karena itu para orang lama hendaknya membentuk fikir isterinya untuk ikut ambil bagian dalam kerja in. Sampai terbentuk dalam diri mereka bahwa suami saya ini adalag da'i Alloh, pekerja agama, maka saya harus membantu dia dalam kerja ini."

Maulana Mustaqim katakan :

"Jika Alloh ingin menurunkan agama di suatu kampung, maka Alloh kirimkan Nabi. Jadi yang membawa agama ini adalah Nabi. Dan sudah menjadi keputusan Alloh bahwa semua Nabi laki laki, tidak ada Nabi yang wanita. Namun berapa besar hidayah yang turun dan tersebar ini di kampung tempat Nabi berdakwah tadi, yang dipandang Alloh bukan pengorbanan Nabinya, tidak, tapi yang dipandang Alloh adalah pengorbanan isteri isteri Nabi tersebut. Inilah ukuran besarnya hidayah yang turun sebab pengorbanan isteri isteri Nabi tadi. Jadi dalam dakwah jika isteri Nabi ini ikut berkorban maka tasykilan Nabi ini akan banyak, namun jika isteri tidak ikut berkorban, maka taskylan Nabi Nabi ini akan sedikit."




Tidak ada komentar:

Posting Komentar