"Sesungguhnya Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang Ma'ruf (dakwah), dan mencegah yang mungkar, dan beriman kepada Alloh..." ( QS: 3 : 110 )

Alloh SWT berikan pujian ini bukan hanya untuk laki laki saja, bukan untuk Abu Bakar ra, Umar ra, Utsman ra, Ali ra, tidak, tetapi juga untuk, Aisyah r.ha, Hafsah r.ha, Khadijah r.ha, Fathimah r.ha, Summayyah r.ha, Asma r.ha dan yang lainnya, laki laki dan wanita. Jadi kata kata "kuntum" di sini ini untuk kaum laki laki dan wanita, para sahabat ra dan para sahabiyah r.ha. Mereka para sahabat ra dipuji oleh Alloh SWT, sebagai umat terbaik, ini sebab kerja sama mereka dalam dakwah baik laki laki, maupun perempuan. Jadi tanggung jawab agama ini bukanlah untuk laki laki saja tetapi untuk kaum wanitanya juga.

Kamis, 10 November 2011

USAHA MASTURAH

USAHA MASTURAH merupakan usaha untuk memberikan kepahaman kepada kaum ibu atau perempuan bahwa mereka pun mempunyai tugas untuk saling membantu dalam usaha dakwah. Mereka juga harus membangun keluarganya di masa depan. Tidak ada amalan khusus dalam usaha masturah sebenarnya, karena pada prinsipnya adalah amalan amalan Islam yang perlu dihidupkan dengan baik dalam lingkungan kaum ibu dan juga keluarga.

Ta'lim harian di rumah merupakan program yang sangat penting bagi keluarga muslim. Saat ini program ini sangat berkurang, dan sangat sedikit rumah kaum muslimin mengadakan ta'lim harian. ta'lim harian yang perlu sering dilakukan adalam ta'lim Fadhilah Amal. Ta'lim ini akan memberikan dorongan kepada anggota keluarga untuk selalu menjaga amal amal sholeh, seperti shalat, dzikir, puasa, dakwah, silaturahmi, akhlaq, menuntut ilmu, mengikuti para sahabat, ikram kepada kaum muslimin dll. Sedangkan untuk ta'lim masail (tentang cara beramal) dapat mengikutinya dari pelajaran para ustadz atau ustadzah yang kita percaya.

Baca Quran harian merupakan sesuatu yang sangat baik, dan ini perlu dilakukan bersama keluarga. bahkan beberapa daerah yang sudah sangat berkembang dengan usaha dakwah, sudah banyak anggota keluarga yang mulai menekankan untuk banyak hafidz Quran di rumahnya. Sehingga biasanya orang tua yang sudah memahami usaha dakwah ini mendorong keluarganya sendiri untuk banyak hafalan Quran dan juga hafalan hadits. saya pernah bertemu dengan sorang ahli dakwah dari Srilangka, beliau menjelaskan bahwa anaknya hafidz Quran dan juga pelaku bisnis, dan juga anak perempuannya juga hafidzah.

Biasanya diadakan bayan masturah, agar kaum ibu banyak yang memahami usaha dakwah ini dan mendorong suaminya dan juga anggota keluarga lainnya untuk dapat terlibat dalam usaha dakwah ini. Di beberapa daerah yang sudah sangat berkembang dalam usaha dakwah ini, bayan masturah ini diadakan secara teratur dan rapi.

Di samping hal tersebut, kadangkala dikeluarkan rombongan khusus masturah, artinya dikirimkan rombongan dakwah bersama isteri isteri ahli dakwah. Aktivitas rombongan ini sama dengan rombongan yang tanpa isteri, hanya saja ada program program khusus masturah ketika di tempat yang dituju, seperti bayan masturah, program ta'lim wa ta'allum khusus muslimah di daerah itu, program halaqah Quran, dll. Dan Alhamdulillah, dengan izin Alloh SWT, rombongan ini terus meningkat kualitasnya dan juga jumlahnya.

Insya Alloh kita siapkan diri kita berjuang di jalan Alloh !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar