"Sesungguhnya Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang Ma'ruf (dakwah), dan mencegah yang mungkar, dan beriman kepada Alloh..." ( QS: 3 : 110 )

Alloh SWT berikan pujian ini bukan hanya untuk laki laki saja, bukan untuk Abu Bakar ra, Umar ra, Utsman ra, Ali ra, tidak, tetapi juga untuk, Aisyah r.ha, Hafsah r.ha, Khadijah r.ha, Fathimah r.ha, Summayyah r.ha, Asma r.ha dan yang lainnya, laki laki dan wanita. Jadi kata kata "kuntum" di sini ini untuk kaum laki laki dan wanita, para sahabat ra dan para sahabiyah r.ha. Mereka para sahabat ra dipuji oleh Alloh SWT, sebagai umat terbaik, ini sebab kerja sama mereka dalam dakwah baik laki laki, maupun perempuan. Jadi tanggung jawab agama ini bukanlah untuk laki laki saja tetapi untuk kaum wanitanya juga.

Sabtu, 05 November 2011

Jadilah kita seperti Maryam AS (Ahli Ibadah)

Alloh SWT pelihara maryam dan dibesarkan melalui didikan seorang Nabi yaitu Zakaria AS, yang tidak lain adalah paman beliau sendiri. Betapa mulianya Maryam ini disisi Alloh, asbab doa dari seorang ibu semenjak masih dalam kandungan. Di dalam al Quran diceritakan, setiap kali Zakaria AS masuk kedalam mihrab ini di situ sudah ada rizki yang Alloh siapkan untuk Maryam, padahal tidak ada satu orang pun yang mengantarkan. Siapa yang memberi rizki ? Alloh SWT. Ulama katakan jika seseorang ini mau masuk ke dalam bili Maryam AS ini harus melewati tujuh lapis pintu yang setiap pintu kuncinya ini dipegang oleh Zakaria AS. Tapi itulah keanehannya, setiap kali dibukakan pintunya, di situ ada rizki yang sudah disiapkan untuk Maryam AS.

Ini juga suatu pelajaran bagi kita, bahwa kehebatan seorang wanita ini adalah tatkala dirinya ini tertutup. Satu lapis pintu saja sudah tidak kelihatan sebenarnya, ini tujuh lapis pintu, bagaimana rapat dan tertutupnya seorang Maryam AS. Maka wanita ini semakin tertutup semakin dekat dengan Alloh SWT. Semakin mau dia diam di rumah semakin dekat dengan Alloh SWT :

"Dan diamlah kalian wahai wanita di rumah rumah kalian."

maka akan mudah seorang wanita ini untuk dekat dengan Alloh SWT, tatkala dia mau diam di rumahnya. Sehingga ketika kita baca riwayat riwayat wanita yang sholih, mereka ini menjadi wali wali Alloh, tatkala dia mau diam di rumah. Keluar hanya betul betul untuk keperluan agama saja. Seperti itu pula kehidupan yang dicontohkan oleh Maryam AS. Tatkala dia, Maryam AS, berdiam di rumah, maka Alloh SWT kirimkan rizki kepadanya.

"Tanya zakaria, "Dari mana rizki ini / makanan >"

maryam AS menjawab :

"Ini semua dari sisi Alloh"

Setiap Zakaria AS masuk ke mihrab Maryam di musim panas, selalu terdapat makanan untuk musim dingin. Jika Beliau AS masuk di musim dingin, maka didapatinya di mihrab Maryam AS makanan untuk musim panas. maka Zakaria AS keheranan, dan bertanya, "Dari mana kamu dapat buah buahan ini ?" Kata Maryam AS "Ini datang dari Alloh SWT yang diberikan tanpa hisab (tidak terbatas)"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar